Monday, October 5, 2009

RiverWalk - petualangan jalan kaki menyusuri Sungai Brisbane

Aku selalu kagum dengan Brisbane River. Apalagi Citycat-nya.. di kota manapun yang aku tahu tidak akan aku bisa ke kantor dari rumah di St Lucia sampai kantor di City naik catamaran keren. Tapi di Brisbane bisa lho, murah lagi :)

Pas lagi di Citycat aku bisa lihat ada jalur untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda dari Toowong sampai ke City. Jadi selalu ingin bisa jalan kaki menyusuri Brisbane River bersama orang2 yang lagi pada lari atau naik sepeda. Akhirnya di suatu hari musim semi yang cerah, keinginanku terwujud dengan berjalan kaki dari Toowong ke City (Bicentennial Bikeway nama jalannya) dan terus sampai Story Bridge (sedikit menghibur diri karena tidak bisa ikut Story Bridge Climd bersama para ambassador lain).

Menurut Brisbane City Council di situs ini, RiverWalk menghubungkan lebih dari 20 kilometer jalur pejalan kaki, jalan biasa, jembatan dan taman pinggir sungai disepanjang Brisbane River. Sekarang jalur ini terbentang dari St Lucia sampai Newstead, tapi di masa yang akan datang akan diperluas mencakup lebih banyak bagian di St Lucia dan Highgate Hill dan Hawthorne juga.

the RiverWalk map

Aku sendiri pernah jalan kaki di bagian RiverWalk di St Lucia yang terbentang sepanjang kira-kira 4 km di kampus University of Queensland. Aku juga pernah menyusuri Bicentennial Bikeway dari rumah sampai City tapi cuma sampai City saja karena sudah lapar dan tiba-tiba ingin pergi shopping jadi sampai di North Quay kami jalan ke atas di Queen Street Mall untuk makan siang lalu naik bis ke DFO Brisbane Airport ;p

Beberapa minggu setelah, aku memutuskan nekat, pasang sepatu kets and jalan kaki 9 km dari St Lucia sampai Story Bridge.

the river from botanical gardens

Jalannya dimulai dari rumahku yang berjarak sekitar 2km dari awal jalur Bicentennial Bikeway di Toowong. Lalu kami berjalan 5.7km sampai City. Di satu sisi jalan bisa dijumpai rumput dan pohon dan di sisi sungainya terdapat batu-batu dan pohon bakau. Banyak tempat untuk duduk dan istirahat dimana tersedia juga keran air minum. Sesampainya di City, kami naik di North Quay dan jalan menyusuri City samapi Botanical Gardens, dimana kami mulai lagi menyusuri RiverWalk kali ini di sisi Botanical Gardens. Disana terdapat jembatan kayu yang menyusuri hutan bakau yang mengagumkan. Kami tiba di Eagle Street Pier dimana sedang berlangsung Riverside Markets yang terkenal, pasar yang menjual berbagai macam kerajinan dan makanan yang menarik tapi tidak sempat kubeli karena harusterus berjalan. Jadi kami meninggalkan pasar itu dan jalan melewati gedung Customs House dimana bisa terlihat pemandangan Story Bridge. Sampai disini aku sudah capek sekali karena matahari sudah terik, waktu sudah menunjukkan pukul 12 lebih. Yang paling berat adalah tanjakan ke Story Bridge... bukan naik ke bagian jembatannya tapi naik dari jalanan di sungai sampai ke jalur pejalan kaki di Story Bridge. Tapi semua terbayarkan begitu melihat pemandangan yang begitu indah dari Story Bridge!

I made it! Story Bridge!!

the view that made me feel it's all worth it...

Setelahnya kami berjalan kaki ke Chinatown di Fortitude Valley dan naik bis ke City untuk makan siang, lalu naik bis pulang karena kaki sudah tak sanggup lagi berjalan. Hehe.

Saat aku bercerita pengalaman ini beberapa orang bereaksi "Kurang kerjaan amat sih!" tapi aku bangga bisa melakukannya... Aku jadi bisa benar-benar merasakan pengalaman luar biasa di Brisbane dan mengerti mengapai sungai itu begitu penting bagi kota ini... Tidak rugi sama sekali menjalani jalan-jalan ini. Target beriktnya menyusuri jalan terapung ke New Farm.. dan mungkin lebih jauh lagi. Atau ambil rute CityWalk, dari Roma Street Parklands dan keliling City sampai South Bank melalui GoodwillBridge... whaa... banyak sekali yang bisa dilihat dan dilakukan di Brisbane! Tidak sabar rasanya mengenakan sepatu kets-ku dan memulai petualangan jalan kaki di Brisbane selanjutnya! ;)

No comments:

Post a Comment